Sutradara Dallas Buyers Club, Jean-Marc Vallée Meninggal Dunia di Usia 58 Tahun

By Nad

nusakini.com - Internasional - Jean-Marc Vallée, sutradara asal Kanada yang terkenal karena karyanya dalam film drama yang dibintangi Matthew McConaughey, Dallas Buyers Club, telah meninggal dunia pada usia 58 tahun.

Perwakilan Vallée, Bumble Ward, mengatakan dia meninggal tiba-tiba pada akhir pekan di kabinnya di luar Kota Quebec. Dia meninggalkan dua putra.

Vallée adalah seorang sutradara yang menarik bintang-bintang terkenal, mencari proyek di mana mereka dapat menunjukkan kemampuan akting mereka yang tidak dipernis – yang sering kali membuahkan hasil selama musim penghargaan. Dia sering merekam filmnya menggunakan cahaya alami eksklusif dan kamera genggam, memungkinkan pemainnya memiliki kebebasan yang tidak biasa untuk memblokir adegan yang mereka pilih.

“Mereka dapat bergerak ke mana pun mereka mau,” katanya tentang para aktornya pada tahun 2014. “Ini memberi arti penting pada penceritaan, emosi, karakter. Saya mencoba untuk tidak terlalu banyak ikut campur.”

Dallas Buyers Club dinominasikan untuk enam penghargaan Oscar pada tahun 2014, memenangkan tiga, termasuk aktor terbaik untuk McConaughey – yang memerankan koboi rodeo dengan AIDS yang menyelundupkan obat tanpa izin ke AS yang dapat membantu pasien hidup lebih lama – dan untuk aktor pendukung Jared Leto.

Karya selanjutnya oleh Vallée adalah Wild, berdasarkan memoar backpacking Cheryl Strayed tahun 2012 dan dibintangi oleh Reese Witherspoon, yang juga bergabung kembali pada season pertama series Big Little Lies pada tahun 2017.

Film lainnya termasuk The Young Victoria, sebuah film biografi kerajaan yang dibintangi Emily Blunt, dari tahun 2009; Demolition, sebuah studi dalam kesedihan dengan Jake Gyllenhaal, dari 2015; dan serial TV Sharp Objects, yang dibintangi Amy Adams, dari 2018.

Vallée memenangkan penghargaan Director's Guild of America untuk Sharp Objects, serta untuk karyanya di Big Little Lies.